Digital Marketing

 


Digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.

Strategi digital marketing

1.   Search Engine Optimization (SEO)

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.

Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine.

2.   Search Engine Marketing (SEM)

Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja. Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya.

Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada mesin pencarian organik dan juga pada bagian yang diiklankan.

3.   Blog/Website Marketing

Blogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis.

Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangun otoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari)

4.   Content Marketing

Pemasaran konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk menarik minat pada bisnis yang ditawarkan. Pada dasarnya, pemasaran konten adalah tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial, dan masih banyak lagi. Semua ini dapat berkontribusi untuk menjadi bagian dari kampanye pemasaran digital yang membantu membangun kesadaran brand di antara konsumen.

5.   Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Media sosial adalah tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan layanan sambil tetap berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit mereka.

6.   Email Marketing

Menurut Forbes, rata-rata orang memeriksa email mereka 15 kali sehari, tetapi jumlahnya bisa lebih banyak daripada itu. Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana setiap segmen pemasaran digital dapat berkontribusi pada bisnis dan akan membantu untuk menentukan struktur pemasaran digital yang ingin dibuat dan dijalankan.

7.   Banner Marketing

Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.

8.   Mobile Marketing

Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.

9.   Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar pengguna.

10. Viral Marketing

Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah di-endorse oleh seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media sosial banyak.

Manfaat digital marketing

1.   Jangkauan skala global

Situs web memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.

2.   Biaya lebih rendah

Kampanye digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran tradisional.

3.   Hasil yang dapat dilacak dan terukur

Berbagai alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti analisis web dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.

4.   Personalisasi

Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.

5.   Keterbukaan

Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk diajak berinteraksi.

6.   Mata uang sosial

Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

7.   Peningkatan tingkat konversi

Dengan mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.

Keunggulan digital marketing

1.   Biaya Terjangkau

Biaya yang dikeluarkan untuk strategi digital marketing pada umumnya sangat terjangkau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para pemula dan yang para pengusaha kecil lain nya. Semua orang bisa mengambil keuntungan dari teknik marketing ini, dan bagi yang belum menguasainya juga dapat dengan mudah belajar digital marketing dari orang- orang yang sudah ahli dalam bidang digital marketing

2.   Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat

Bagaimana cara sesorang yang memasang iklan bisa mengetahui jumlah orang yang telah melihat iklan mereka?

Nah, Kalian bisa mengukur banyak aspek dalam strategi ini misalnya saja jumlah pengunjung, asal pengunjung, serta berbagai informasi lain nya.

Hal ini bisa membantu dalam melihat tingkat efektifitas marketing yang dipergunakan. Bila ada salah satu strategi yang kurang memuaskan, maka kalian bisa memilih untuk menghentikan penggunaannya atau lebih berfokus untuk upaya perbaikannya.

3.   Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal

Menggunakan digital marketing, kalian bisa memastikan bahwa promosi yang disampaikan akan sampai di hadapan target pasar.

Penggunaan iklan sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk menargetkan target pasar yang mungkin tertarik untuk menggunakan produk atau jasa kalian. Kemampuan untuk mampu menjangkau target pasar secara lebih spesifik seperti ini akan membawa hasil yang lebih efektif dan juga hemat biaya.

4.   Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif

Di masa lalu, sulit rasanya bagi sebuah bisnis kecil untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Keterbatasan dana merupakan salah satu kendala utamanya.

Digital marketing merubah hal tersebut. Saat ini, para pengusaha kecil memiliki kesempatan yang sama besar untuk bersaing. Penggunaan digital marketing dengan biaya yang lebih terjangkau membuat siapapun mempromosikan produk mereka untuk menarik perhatian calon konsumen baik lokal, nasional, bahkan internasional.

5.   Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi

Dalam strategi marketing pada umumnya dibutuhkan waktu untuk melihat tingkat kesuksesan yang bisa diraih dan tidak banyak hal yang bisa dilakukan dalam jangka waktu tersebut.

Berbeda dengan digital marketing, dimana kalian dapat dengan mudah melihat jumlah pengunjung yang ada dan melakukan perubahan-perubahan kecil secara terus menerus. Kemudahan dalam melakukan perubahan dan improvisasi strategi berdasarkan hasil yang masuk secara real time membuat teknik pemasaran ini lebih fleksibel menguntungkan

Kesimpulan

Digital marketing sebagai eksploitasi terhadap teknologi digital yang digunakan untuk menciptakan suatu saluran untuk mencapai resipien potensial untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemenuhan kebutuhan konsumen yang lebih efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN LEMBAGA KEUNGAN PENANAM MODAL/INVESTASI USAHA DAN BUILD OPERATES TRANSFER (BOT)

Sumber-sumber Ide Bisnis

PITCH DECK