Digital Marketing
Digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.
Strategi
digital marketing
1. Search Engine
Optimization (SEO)
SEO
yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin
pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk
menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP dan potensial sesuai
dengan keyword yang ditentukan. SEO juga membutuhkan keterampilan
analisis, kompetitif, dan strategis.
Hal ini dikarenakan dibutuhkannya analisis untuk meneliti kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine.
2. Search Engine
Marketing (SEM)
Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine
adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun
ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan
saja. Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik
pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa
biaya.
Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar
dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan
popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Apabila Anda memutuskan untuk
melakukan bisnis di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat
ditampilkan pada mesin pencarian organik dan juga pada bagian yang diiklankan.
3. Blog/Website
Marketing
Blogging
marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk
meningkatkan visibilitas suatu bisnis.
Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu
dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangun otoritas bagi
produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta
dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman mendapatkan peringkat
yang cukup tinggi di halaman mesin pencari)
4. Content Marketing
Pemasaran
konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun
strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan
dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk
menarik minat pada bisnis yang ditawarkan. Pada dasarnya, pemasaran konten
adalah tentang mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan
meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran konten
adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting
media sosial, dan masih banyak lagi. Semua ini dapat berkontribusi untuk
menjadi bagian dari kampanye pemasaran digital yang membantu membangun
kesadaran brand di antara konsumen.
5. Sosial Media
Marketing
Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran
yang bisa dilakukan melalui media sosial. Di dalam teknik yang satu ini,
pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Media
sosial adalah tiket emas untuk dapat menginformasikan tentang produk dan
layanan sambil tetap berhubungan dengan pelanggan potensial di platform favorit
mereka.
6. Email Marketing
Menurut Forbes, rata-rata orang memeriksa email mereka 15
kali sehari, tetapi jumlahnya bisa lebih banyak daripada
itu. Peluang untuk berhasil membuat pelanggan
setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang
bagaimana setiap segmen pemasaran digital dapat berkontribusi pada bisnis dan
akan membantu untuk menentukan struktur pemasaran digital yang ingin dibuat dan
dijalankan.
7. Banner Marketing
Banner
marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan
spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web,
kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang
memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping
halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya
memandangi.
8. Mobile Marketing
Mobile
marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam
menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini
dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan
untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.
9. Affiliate
Marketing
Affiliate
marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer
(biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs
web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs
web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan
bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar pengguna.
10. Viral Marketing
Viral marketing
adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang
beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar
atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk
penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara
dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah di-endorse oleh
seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media
sosial banyak.
Manfaat digital
marketing
1. Jangkauan skala global
Situs
web memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global
walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.
2. Biaya lebih
rendah
Kampanye
digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan
yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran
tradisional.
3. Hasil yang dapat
dilacak dan terukur
Berbagai
alat atau aplikasi tercipta bersama dengan lahirnya teknologi digital, seperti
analisis web dan alat metrik online lainnya yang mempermudah untuk menetapkan
seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat
memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs
web mereka atau menanggapi iklan yang mereka luncurkan.
4. Personalisasi
Jika
basis data pelanggan ditautkan ke situs web, maka setiap kali seseorang
mengunjungi situs tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang
ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil
pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
5. Keterbukaan
Dengan
menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai
kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang
mudah untuk diajak berinteraksi.
6. Mata uang sosial
Digital
marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik
menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat
memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan
menjadi viral.
7. Peningkatan
tingkat konversi
Dengan
mempergunakan situs web, pelanggan hanya perlu beberapa klik
untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang
untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan
langsung di mana saja dan kapan saja.
Keunggulan
digital marketing
1. Biaya Terjangkau
Biaya yang dikeluarkan untuk strategi digital
marketing pada umumnya sangat terjangkau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan
untuk para pemula dan yang para pengusaha kecil lain nya. Semua orang bisa mengambil keuntungan dari
teknik marketing ini, dan bagi yang belum menguasainya juga dapat dengan mudah
belajar digital marketing dari orang- orang yang sudah ahli dalam bidang
digital marketing
2. Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat
Bagaimana
cara sesorang yang memasang iklan bisa mengetahui jumlah orang yang telah
melihat iklan mereka?
Nah, Kalian bisa
mengukur banyak aspek dalam strategi ini misalnya saja jumlah pengunjung, asal
pengunjung, serta berbagai informasi lain nya.
Hal ini bisa membantu
dalam melihat tingkat efektifitas marketing yang dipergunakan. Bila ada salah
satu strategi yang kurang memuaskan, maka kalian bisa memilih untuk
menghentikan penggunaannya atau lebih berfokus untuk upaya perbaikannya.
3. Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal
Menggunakan digital
marketing, kalian bisa memastikan bahwa promosi yang disampaikan akan sampai di
hadapan target pasar.
Penggunaan iklan sosial
media juga bisa dimanfaatkan untuk menargetkan target pasar yang mungkin
tertarik untuk menggunakan produk atau jasa kalian. Kemampuan untuk mampu
menjangkau target pasar secara lebih spesifik seperti ini akan membawa hasil
yang lebih efektif dan juga hemat biaya.
4. Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif
Di
masa lalu, sulit rasanya bagi sebuah bisnis kecil untuk bisa bersaing dengan
perusahaan besar. Keterbatasan dana merupakan salah satu kendala utamanya.
Digital
marketing merubah hal tersebut. Saat ini, para pengusaha kecil memiliki
kesempatan yang sama besar untuk bersaing. Penggunaan digital marketing dengan
biaya yang lebih terjangkau membuat siapapun mempromosikan produk mereka untuk
menarik perhatian calon konsumen baik lokal, nasional, bahkan internasional.
5. Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi
Dalam
strategi marketing pada umumnya dibutuhkan waktu untuk melihat tingkat
kesuksesan yang bisa diraih dan tidak banyak hal yang bisa dilakukan dalam
jangka waktu tersebut.
Berbeda dengan digital marketing, dimana kalian dapat dengan mudah melihat jumlah pengunjung yang ada dan melakukan perubahan-perubahan kecil secara terus menerus. Kemudahan dalam melakukan perubahan dan improvisasi strategi berdasarkan hasil yang masuk secara real time membuat teknik pemasaran ini lebih fleksibel menguntungkan
Kesimpulan
Digital marketing sebagai eksploitasi terhadap
teknologi digital yang digunakan untuk menciptakan suatu saluran untuk mencapai
resipien potensial untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemenuhan kebutuhan
konsumen yang lebih efektif.
Komentar
Posting Komentar