Teknik dan strategi pemasaran

Hallo guys, dalam blog kali ini aku mau membahas tentang teknik dan strategi pemasaran, bagi kalian yang ingin menjual produk dengan Teknik dan strategi yang baik dan benar untuk meningkatkan penjualan yuk dibaca sampai selesai ya...

Apa itu Strategi pemasaran ?

Strategi pemasaran merupakan alat dasar yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

Tujuan strategi  marketing

Secara umum, ada 4 tujuan strategi pemasaran, diantaranya adalah :

1.     Untuk peningkatan kualitas koordinasi antar individu dalam pemasaran produk.

2.     Sebagai alat ukur dan review hasil pemasaran berdasarkan standar yang telah ditentukan.

3.     Sebagai dasar untuk mengambil keputusan pemasaran.

4.     Peningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Prinsip pemasaran

Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum va/ue), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).

Kegiatan Pemasaran

Kegiatan Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.

Perencanaan Pemasaran

Untuk mencapai suatu tujuan strategi perusahaan tidak bisa lepas dari perencanaan, arahan.. Perencanaan pemasaran meliputi langkah-langkah sebagai berikut :

1.   Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan

Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama harus dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus di arahkan sesuai kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang di inginkan dan dibutuhkan konsumen, misalnya barang dan jasa apa yang diinginkan pelanggan, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan produk atau jasa tersebut.

2.   Memilih pasar sasaran khusus

Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus, ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu :

  • Pasar individual
  • Pasar khusus
  • Segmentasi pasar
  • Berorientasi pada pelanggan
  • Kualitas, ialah mengutamakan manajemen kualitas total, yaitu efektif, efesien. tepat.
  • Kenyamanan. yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.
  • Inovasi, yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa ataupun proses.
  • Kecepatan, yang diwujudkan dalam bentuk : Kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar,  Memperpendek waktu untuk merespon keininan dan kebutuhan pelanggan.
  • Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Dari tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru lebih tepat bila memilih pasar khusus/ceruk dan pasar individual. Sementara itu, untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar.

3.   Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan

Penerapan strategi pemasaran sangat bergantung pada keadaan lingkuangan persaingan pasar yang ada dari hari ke hari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat bergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan yang bersaingan

4.   Pemilihan strategi pemasaran

Strategi pemasaran ialah paduan dari kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen, wirausahawan bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran.

Kesimpulan
Strategi dan Teknik Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.
Demikianlah pembahasan dari aku mengenai Strategi Pemasaran, semoga bisa bermanfaat untuk kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN LEMBAGA KEUNGAN PENANAM MODAL/INVESTASI USAHA DAN BUILD OPERATES TRANSFER (BOT)

Sumber-sumber Ide Bisnis

PITCH DECK