Teknik dan strategi pemasaran
Hallo guys,
dalam blog kali ini aku mau membahas tentang teknik dan strategi pemasaran,
bagi kalian yang ingin menjual produk dengan Teknik dan strategi yang baik dan
benar untuk meningkatkan penjualan yuk dibaca sampai selesai ya...
Apa itu Strategi pemasaran ?
Strategi
pemasaran merupakan
alat
dasar
yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan
daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam
pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.
Tujuan
strategi marketing
Secara
umum, ada 4 tujuan strategi pemasaran, diantaranya adalah :
1. Untuk
peningkatan kualitas koordinasi antar individu dalam pemasaran produk.
2. Sebagai
alat ukur dan review hasil pemasaran berdasarkan standar yang telah ditentukan.
3. Sebagai
dasar untuk mengambil keputusan pemasaran.
4. Peningkatkan
kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.
Prinsip
pemasaran
Prinsip
dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum va/ue),
keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).
Kegiatan
Pemasaran
Kegiatan Pemasaran adalah kegiatan
menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi
dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan
utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi
penjualan.
Perencanaan
Pemasaran
Untuk mencapai suatu tujuan strategi perusahaan tidak
bisa lepas dari perencanaan, arahan.. Perencanaan pemasaran
meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1. Penentuan
kebutuhan dan keinginan pelanggan
Untuk mengetahui
kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama harus dilakukan penelitian pasar
atau riset pemasaran. Riset pasar harus di arahkan sesuai kebutuhan konsumen, misalnya barang
atau jasa apa yang di inginkan dan dibutuhkan konsumen, misalnya barang dan
jasa apa yang diinginkan pelanggan, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana,
siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan produk atau jasa tersebut.
2. Memilih
pasar sasaran khusus
Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus, ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu :
- Pasar individual
- Pasar khusus
- Segmentasi pasar
- Berorientasi pada pelanggan
- Kualitas, ialah mengutamakan manajemen kualitas total, yaitu efektif, efesien. tepat.
- Kenyamanan. yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan, dan kenikmatan.
- Inovasi, yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa ataupun proses.
- Kecepatan, yang diwujudkan dalam bentuk : Kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar, Memperpendek waktu untuk merespon keininan dan kebutuhan pelanggan.
- Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
Dari
tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru
lebih tepat bila memilih pasar khusus/ceruk dan pasar individual. Sementara
itu, untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik memilih segmen pasar.
3. Menempatkan
strategi pemasaran dalam persaingan
Penerapan strategi pemasaran sangat bergantung pada keadaan lingkuangan persaingan pasar yang ada dari hari ke hari. Keberhasilan dalam segmentasi pasar sangat bergantung pada potensi yang menggambarkan permintaan dari lingkungan yang bersaingan
4. Pemilihan
strategi pemasaran
Strategi pemasaran ialah paduan dari
kinerja wirausahawan dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya
dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik konsumen,
wirausahawan bisa merekayasa indikator-indikator yang terdapat dalam bauran
pemasaran.
Kesimpulan
Strategi dan Teknik Pemasaran
punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi
untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.
Komentar
Posting Komentar