Sumber-sumber Ide Bisnis

A. Ide Bisnis
Penciptaan suatu ide bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis.
Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi peluang usaha/bisnis.

B. Berikut beberapa sumber-sumber ide bisnis :

1. kreativitas
Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam 
melihat masalah dan peluang. Kreativitas memiliki dampak yang positif terhadap strategi dalam mencari peluang bisnis. Seseorang yang ingin mengembangkan kreatifitasnya dalam berwirausaha akan cenderung melakukan strategi-strategi mencari peluang bisnis.

2. Kemampuan yang dimiliki
Suatu kemampuan yang dimiliki dari hasil belajar. Semua hal yang dipelajari dapat digunakan sebagai sumber ide untuk berbisnis. Kemampuan yang dikuasai bisa menjadi pondasi yang kuat jika dijadikan sebagai acuan untuk memulai dan menekuni bisnis.

3. Sumber ide dari hobi
Menekuni bisnis yang memiliki latar belakang hobi yang kita sukai dapat membuat kita nyaman dalam menjalankan bisnis itu. umumnya orang yang menekuni bisnis dalam bidang yang berlandaskan hobi itu tidak mudah bosan malahan akan tambah bersemangat untuk melangkah lebih maju.
 
4. Mengamati Tren baru 
Tren baru merupakan suatu gambaran atau informasi yang sedang terjadi atau biasanya selalu dibicarakan oleh kalangan masyarakat.
Anda bisa mencoba untuk mengamati ke seluruh penjuru tentang tren-tren terbaru dari sisi manapun agar menjadi inspirasi untuk memulai bisnis yang lebih kreatif dan inovasi.

5. ATM. Bisnis yang dimulai ATM (amati, tiru, modifikasi) Merupakan bisnis yang paling mudah dilaksanakan. Ide bisnis yang dimulai dari membuat barang atau jasa yang sudah ada merupakan kegiatan yang paling mudah dan sangat cepat untuk dilaksanakan dikarenakan tidak memerlukan sesuatu yang baru yang membutuhkan riset dan persiapan khusus. Mengamati sesuatu yang terjadi di "sekitar" kita bisa menjadi peluang bisnis. Pengamatan ini diperlukan bagi mereka yang ingin mandiri. Identifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi bisa menimbulkan peluang bisnis yang bisa terus dikembangkan.

C. Pendekatan utama yang digunakan wirausaha untuk mencari peluang :

1. Pendekatan inside-out atau disebut dengan idea generation yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Mereka melihat keterampilan sendiri, kemampuan, Iatar belakang, dan sebagainya yang menentukan jenis usaha yang akan dirintis.

Contoh jenis usaha inside-out :
1) Membuka usaha katering diet ehat
2) Menjadi seorang dropshipper pakaian.

2. Pendekatan the outside in
yang disebut opportunity recognition
Yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespons atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar. 

Contoh jenis usaha Opportunity Recognition:

1) Saat ini tren penggunaan bahan makanan yang sehat sangat digemari oleh masyarakat khususnya di perkotaan. Hal ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Di kota-kota besar, kita bisa membuka warung makanan untuk mereka yang menyukai makanan yang sehat.

2) Ide usaha kedua ini saya amati dengan teknik ATM, karena di zaman sekarang ini kita tahu gaya hidup manusianya semakin menyesuaikan dengan zaman, salah satunya seperti cara berpakain, gagasan dropshipper ini menurut saya sangat efisien jika kita tidak memiliki sebuah modal (Uang) untuk memulai usaha, dengan mencoba menjadi seorang dropshipper kita hanya perlu menjual kembali produk (pakaian), dari supplier atau distributor, kita hanya perlu menjualnya melalui Smartphone secara online, tidak memerlukan tempat dan bisa menjual nya kapan saja, jika produk dari distributor tersedia.

D. Jenis Usaha Opportinity recognition
Tak lain adalah pengamatan lingkungan, yaitu alat pengembangan yang akan ditransfer menjadi peluang-peluang ekonomi.

Saat ini Pandemi Covid-19 membuat banyak orang mengurangi aktivitas atau sama sekali tidak makan diluar rumah. Oleh karena itu katering makanan sehat menjadi peluang usaha kreatif yang sangat menjanjikan.

Makanan diet sehat yaitu yang rendah kalori, gula dan garam sehingga makanan tersebut bisa menjadi solusi bagi orang yang mau hidup sehat sekaligus menjaga berat badan agar tidak mudah terserang penyakit.

Referensi
https://www.ariesrutung.com/2018/05/konsep-ide-bisnis-kewirausahaan.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN LEMBAGA KEUNGAN PENANAM MODAL/INVESTASI USAHA DAN BUILD OPERATES TRANSFER (BOT)

PITCH DECK