"Cara Menggunakan Business Model Canvas"

 

Halo guys, Dalam blog kali ini saya akan memberikan tutorial menggunakan BMC (Business Model Canvas). Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang tutorial BMC,  Saya ingin membahas tentang profil bisnis yang akan saya jalani. Oh ya, Jika masih ada yang bingung mau bikin usaha apa, bisa baca blog aku yang ini ya Sumber-Sumber Ide Bisnis

Tara's Catering adalah sebuah bisnis kuliner makanan sehat dengan rasa yang lezat dan praktis. Menyajikan menu-menu makanan sehat  seperti salad, ayam rica-rica dengan nasi merah, buah-buahan, snack bar sehat, jus dan susu. Menggunakan bahan-bahan organik yang enak dan bergizi.

Tara's catering mengelompokkan target pasar yaitu Kota Jakarta dan sekitarnya  yang aktif bekerja dengan berpenghasilan lebih dari Rp. 5.000.000, Customer yang memiliki gaya hidup sehat dan memiliki kesibukan bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Konsumen yang memiliki kesadaran akan kesehatan. Hal ini diharapkan menjadi solusi bagi orang yang mau hidup sehat sekaligus menjaga berat badan agar tidak mudah terserang penyakit

Rencana pengembangan usaha kami menggunakan :

  • Sosial  Media (Instagram, Tiktok, Facebook, WhattAps)
  • Evaluation    : Mengikuti event-event makanan untuk lebih menjangkau pelanggan, Membuka booth makanan pada acara-acara yang diselenggarakan di Jakarta seperti Car Free Day, Bazar Food.
  • Delivery         : Go-Food, Grab-Food, Shopee-Food

Tara's Catering akan terus mengembangkan kepercayaan dengan memperhatikan setiap kebutuhan pelanggannya dengan berinteraksi menggunakan platform yang kami miliki yaitu media social dan memberikan hotline telfon atau whatsapp untuk dihubungi. Tara'S catering juga akan memberikan edukasi manfaat-manfaat yang ditawarkan disetiap menu-menu melalui media sosial kepada para pelanggannya, sehingga pelanggan mengetahui manfaat dari mengkonsumsi makanan tersebut.

Pada bisnis ini, saya menargetkan minimal 100 box terjual di setiap minggunya. Dengan Estimasi perhitungan modal awal yang akan saya keluarkan :

No

Jenis Barang

Harga

QTY

Total

1

Tempat makan

Rp. 5.000.-

100

Rp. 500.000.-

2

Sendok dan garpu ( 1 set isi 50 )

Rp. 13.000.-

3

Rp. 39.000.-

3

Stiker logo merek

Rp. 300.000.-

-

Rp. 300.000.

4

Tas belanja kertas

Rp. 5.00.-

200

Rp. 100.000.-

5

Bahan makanan serba organik

Rp. 3.0000.000.-

-

Rp. 3.000.000.-

Total

Rp. 3.939.000.-

 

Dengan keuntungan yang saya dapatkan jika saya berhasi menjual 100 box? Berikut perhitungannya:

 

Harga per porsi

Jumlah

Total

Penjualan bersih

Rp. 55.000.-

100

Rp. 6.000.000.-

Modal awal

 

Rp. 3.939.000.-

Laba

Penjualan bersih- modal awal

Rp. 2.061.000.-

 

Untuk menjalankan bisnis ini, saya menggunakan 4 dari 9 blok BMC (Business Model Canvas). Untuk lebih jelasnya mengenai 9 blok BMC bisa baca di blok saya yang ini ya Business Model Canvas

Nah, sekarang saya akan menjelaskan tutorial menggunakan BMC (Business Model Canvas) :

  • Langkah pertama (Customer Segments), Kalian harus menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis kamu.
  • Langkah kedua (Value Proposition), Kalian dapat menentukan dari keunggulan produk, dan apa saja poin-poin yang bisa mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi target pelanggannya.
  • Langkah ketiga (Channels), Menentukan channels  untuk memperkenalkan produk. Misalnya, kalian bisa menawarkan bisnis kalian melalui media sosial, brosur, website, dan lain-lainnya
  • Langkah keempat (Customer Relationship), Kalian harus menjalin ikatan dengan pelanggannya secara intens. Perlu pengawasan yang ketat dan intensif supaya pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik. Pastikan pelanggan-pelanggan bisnismu mendapatkan pelayanan yang terbaik ya .

GAMBAR 4 BLOK BMC (Business Model Canvas) Tara’s Catering :

Value proposition

  • Menyediakan makanan sehat dengan rasa yang lezat dan praktis
  • Solusi  bagi orang yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  • Menjaga kualitas dan kesegaran produk dari bahan-bahan organik yang enak dan bergizi
  • Memiliki jaminan nilai gizi karena ditakar oleh orang yang ahli dalam bidangnya

Customer relationship

  • Memanfaatkan media sosial (Instagram, Tiktok, Facebook, WhattAps) untuk berkomunikasi oleh pelanggan.

Customer Segment

  • Orang yang ingin hidup sehat
  • Orang yang mau menjaga berat badan agar tidak mudah terkena penyakit
  • Pekerja Sibuk

Channels

  • Media Sosial
  • Event-event makanan

 

Semoga bermanfaat ya tutorial menggunakan BMC (Business Model Canvas), Terimakasih saya pamit dulu.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN LEMBAGA KEUNGAN PENANAM MODAL/INVESTASI USAHA DAN BUILD OPERATES TRANSFER (BOT)

Sumber-sumber Ide Bisnis

PITCH DECK