Business Model Canvas




APA ITU BUSINESS MODEL? 
Business Model adalah rencana tingkat tinggi untuk menjalankan bisnis secara menguntungkan di pasar tertentu.

APA ITU BMC ( Busines Model Canvas )? 
BMC (Busines Model Canvas) merupakan model bisnis yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Osterwalder dan Pigneur pada tahun 2010. Analisis perusahaan dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dinilai efektif karena analisis yang digunakan dijelaskan secara menyeluruh baik dari segi pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, sampai dengan nilai atau produk yang ditawarkan. 
Sehingga pengusaha bisa menentukan arah bergerak bagi perusahaan serta mengetahui keunggulan bersaing yang ada pada bisnis yang sedang dijalankannya (Suharti, 2015).
BMC mengijinkan bisnis untuk memahami bagaimana setiap komponen berhubungan satu sama lain dalam jangka fungsi, aktivitas, dan proses berjalannya bisnis tersebut (Ammanullah, 2015). 

Business model canvas (BMC) memiliki keunggulan dalam analisis model bisnis yaitu mampu mengambarkan secara sederhana dan menyeluruh terhadap kondisi suatu perusahaan saat ini berdasarkan segmen konsumen, value yang ditawarkan, jalur penawaran nilai, hubungan dengan pelangan, aliran pendapatan, aset vital, mitra kerja sama, serta struktur biaya yang dimiliki (Rainaldo et al., 2017).

TUJUAN PEMBUATAN BMC ( Busines Model Canvas ) :
Pembuatan business model canvas bertujuan membantu perusahaan guna merancang perencanaan bisnisnya serta menetapkan dan memvalidasi berbagai poin penting dalam bisnis seperti sumber daya yang ada, aktivitas, hubungan yang hendak dijalani dengan pihak-pihak terkait, mengenai pendapatan serta pengeluaran yang harus dikeluarkan.

9 KOMPONEN BISNIS YANG ADA PADA MODEL CANVAS ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
1. Customer segment (CS), yaitu 
menentukan segmen target customer 
dari produksi edamame goreng yang 
akan dikembangkan
2. Value proposition (VP), yaitu memperkirakan kebutuhan customer yang sudah diidentifikasi pada customer 
segment
3. Customer relationship (CR), yaitu 
mendefinisikan hubungan antara sektor usaha dengan customer
4. Channel (CH), yaitu suatu cara untuk mencapai customer
5. Revenue stream (RS) yaitu representasi 
dari jalur penerimaan uang yang akan diterima dari setiap customer segment
6. Key resource (KR) adalah sumber daya 
utama yang menjelaskan mengenai asset terpenting yang diperlukan dalam membuat model bisnis
7. Key activities (KA) adalah kegiatan 
utama
8. Key partners (KP) adalah kunci kemitraan yang menjelaskan jaringan 
pemasok dan mitra
9. Cost structure (CR) adalah struktur biaya yang menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan.

CONTOH BMC ( Busines Model Canvas )

Tara'S Catering :
1. Customer Segments
Tara's catering mengelompokkan target pasar dari segi demografis, psikografis, dan perilaku konsumen.
- Demografis
- Kota Jakarta dan sekitarnya  yang aktif bekerja dengan berpenghasilan lebih dari Rp. 6.000.000
- Psikografis
- Tara's menentukan tipe customer yang memiliki gaya hidup sehat dan memiliki kesibukan bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan sehat.
- Tara's Catering Catering menargetkan konsumen yang memiliki kesadaran akan kesehatan. Hal ini diharapkan menjadi solusi bagi orang yang mau hidup sehat sekaligus menjaga berat badan agar tidak mudah terserang penyakit

2. Value Propotion
Tara's Catering adalah sebuah bisnis kuliner makanan sehat dengan rasa yang lezat dan praktis. Menyajikan menu-menu makanan sehat  seperti salad, ayam rica-rica dengan nasi merah, buah-buahan, snack bar sehat, jus dan susu. Menggunakan bahan-bahan organik yang enak dan bergizi.

3. Channels
Awareness   : Social Media (Instagram, Tiktok, Facebook, WhattAps, Line ).
 Evaluation   : Mengikuti event-event makanan untuk lebih menjangkau pelanggan, membuka booth makanan pada acara-acara yang diselenggarakan di Jakarta seperti Car Free Day, Bazar Food. 
Delivery      : Go-Food, Grab-Food, Shopee-Food
After Sales  : Memberikan free snack bar untuk pemesanan catering seminggu pertama, memberikan voucher diskon sebesar 15% untuk pembelian kedua.

4. Customer Relationship
Tara's Catering akan terus mengembangkan kepercayaan dengan memperhatikan setiap kebutuhan pelanggannya dengan berinteraksi menggunakan platform yang kami miliki yaitu media social dan memberikan hotline telfon atau whatsapp untuk dihubungi. Tara'S catering juga akan memberikan edukasi manfaat-manfaat yang ditawarkan disetiap menu-menu melalui media sosial kepada para pelanggannya, sehingga pelanggan mengetahui manfaat dari mengkonsumsi makanan tersebut. 

5. Revenue Streams 
Tara's Catering akan mendapatkan pendapatan dari hasil penjualan catering makanan sehat.

6. Key Activites
Tara's catering akan melakukan key activities (aktivitas kunci) yang akan mempengaruhi proses bisnis Tara's Catering. Adapun aktivitas kunci yang harus dilakukan Tara's Catering adalah sebagai berikut :

- Memastikan makanan yang diperoleh merupakan bahan-bahan organik yang terjamin kesegarannya dan memiliki rasa yang lezat dan bergizi. 

- Menjamin kualitas kebersihan peralatan dan masakan guna menghasilkan makanan yang segar, sehat, dan bersih dalam setiap produksi.

- Membuat packaging semenarik mungkin

- Melakukan promosi dengan gencar pada platform yang dimiliki khususnya social mediaBerkonsultasi dengan ahli gizi dalam penyusunan makanan agar kandungan gizi terjamin dalam setiap takarannya

- Mengurus lisensi dan perizinan untuk bisnis dalam bidang makanan dan agar bersertifikasi halal.

7. Key Resources
Tara's Catering memiliki sumber daya utama yaitu :
Intellectual       : Hak paten merek Tara's Catering
Human             : Ahli Gizi, Koki, Customer Service, Petugas untuk menata dan menyiapkan makanan. 
Aset Fisik         : Peralatan makan (Kotak Makan, Sendok, Garpu, Tisu anti kuman), Meja, Kursi, Peralatan dapur untuk memasak, Packaging, Komputer, Kamera.
Financial          : Modal pribadi

8. Key Partners
Strategic Alliance : Kantor-kantor, Event Organizer, Acara Kuliner, Acara Kesehatan

Supplier Relationship : Bekerja sama dengan pemasok-pemasok daging-dagingan (ayam, ikan, daging) yang terjaga kesegarannya. Dan bekerja sama dengan petani organik untuk mendapatkan sayuran-sayuran dan buah-buahan yang oranik serta beras organik

9. Cost Structure
Berikut adalah Susunan biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan model bisnis Healthy Catering, Tara's Catering adalah sebagai berikut:

- R&D Cost
- Marketing Cost
- Employee Salary (termasuk Ahli Gizi)
- Training untuk Koki dalam membuat makanan sehat
- Komputer dan kamera
- Peralatan dapur
- Bahan-bahan produksi baik daging-dagingan, sayur-sayuran, maupun buah-buahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN LEMBAGA KEUNGAN PENANAM MODAL/INVESTASI USAHA DAN BUILD OPERATES TRANSFER (BOT)

Sumber-sumber Ide Bisnis

PITCH DECK