Cara Menggunakan Business Model Canvas ( Lanjutan tulisan sebelumnya )

 

Halo guys, ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya. Cara Menggunakan BMC yang membahas langkah-langkah menggunakan  4 dari 9 block BMC (Business Model Canvas).

Nah, sekarang saya akan menambahkan 5 block BMC (Business Model Canvas) dan gambar lengkap BMC (Business Model Canvas) Catering saya.

  • Langkah Kelima (Revenue Stream), Pada block bmc ini merupakan yang paling vital, dimana perusahaan bisa memperoleh pendapatan dari pelanggan. Kalian harus mengelola elem ini dengan baik dan memastikan ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan keuntugan besar.
  • Langkah Keenam (Key Rosourse), Kalian dapat menentukan  daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan. Untuk mewujudkan value proposition.
  • Langkah ketujuh (Key Activities), Kalian dapat menentuan semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis, yang ada kaitannya juga dengan sebuah produk. Dimana kegiatan utamanya menghasilkan proposisi nilai.
  • Langkah kedelapan (Key Parthership), Kalian dapat bekerja sama dengan beberapa perusahaan atau usaha lainnya untuk meningkatkan performa usaha kamu supaya lebih cepat meningkat.
  • Langkah kesembilan (Cost Structure), Pada block terakhir ini merupakan stuktur pembiayaan bisnis atau cost stucture. Kalian dapat mengelola pembiayaan bisnis secara efesien akan membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan resiko kerugian. Hal ini juga menentukan proposisi nilai yang tepat untuk pelanggan, karena hal ini pastikan agar kalian membuat laporan keuangan yang tepat dan sesuai dengan bisnis kalian.

GAMBAR LENGKAP 9  BLOK BMC (Business Model Canvas) Tara’s Catering :

Value proposition

  • Menyediakan makanan sehat dengan rasa yang lezat dan praktis
  • Solusi  bagi orang yang ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat
  • Menjaga kualitas dan kesegaran produk dari bahan-bahan organik yang enak dan bergizi
  • Memiliki jaminan nilai gizi karena ditakar oleh orang yang ahli dalam bidangnya

Key Activities

  • Produksi Catering sehat
  • Promosi
  • Distribusi

Value Propositions 

  • Menyajikan menu-menu sehat dan praktis
  • Solusi bagi orang yang ingin mengubah gaya hidup
  • Memiliki jaminan gizi karena ditakar oleh ahli dalam bidangnya
  • Menjaga kualitas dan kesegaran produk yang memiliki rasa lezat dan bergizi

Customer Relationship

  • Memanfaatkan media sosial (Instagram, Tiktok, Facebook, WhattAps) untuk berkomunikasi oleh pelanggan

Customer Segmen

  • Orang yang ingin hidup sehat
  • Orang yang mau menjaga berat badan agar tidak mudah terkena penyakit
  • Pekerja Sibuk

Key Resourse

  • Ahli Gizi, Tenaga Kerja, Peralatan Masak, Peralataan Dapur, Komputer, Kamera

Channels

  • Media Sosial
  • Event-event makanan

Cost Stucture

  • Biaya produksi
  • Biaya distribusi
  • Biaya penyusutan Alat
  • Biaya Gaji karyawan

Revenue Streams

  • Penjualan catering makanan sehat

 

Semoga bermanfaat ya tutorialnya, Terimakasih........................


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN LEMBAGA KEUNGAN PENANAM MODAL/INVESTASI USAHA DAN BUILD OPERATES TRANSFER (BOT)

Sumber-sumber Ide Bisnis

PITCH DECK